background img

The New Stuff

Compound Sentence


Pengertian dan Contoh Compound Sentence


Pengertian Compound Sentence

Compound sentence adalah sentence type (tipe kalimat) yang terdiri dari dua atau lebih independent clause atau simple sentence.
Pada compound sentence, pikiran pada dua atau lebih independent clause tersebut dihubungkan dengan tingkat kepentingan yang setara.
Tipe kalimat yang lain yaitu: simple, complex, dan compound-complex sentence. Dengan memahami berbagai tipe kalimat, akan sangat membantu dalam memberikan variasi kalimat pada sebuah tulisan.
Conjunction dan Punctuation pada Compound Sentence

Untuk menghubungkan dua atau lebih independent clause di dalam compound sentence, dapat digunakan coordinate conjunction, conjunctive adverb, atau semicolon (titik koma) saja. Walaupun dihubungkan oleh conjunction atau semicolon, masing-masing independent clause tersebut sesungguhnya dapat berdiri sendiri.

Coordinate Conjunction

Coordinate conjunction yang dapat digunakan yaitu: for, and, nor, but, or, yet, so (FANBOYS). Tanda baca koma digunakan tepat sebelum kata hubung ini.

Contoh Compound Sentence dengan Coordinate Conjunction:

compound sentenceHe didn’t come last night, for he fell asleep. (Dia tidak datang semalam karena dia terlelap.)
Vina and Amel wake up at 5:00 am, and they go to school at 6:30 am. (Vina dan Amel bangun jam 5 dan mereka pergi ke sekolah jam setengah 7.)
Please reconsider, so you will not regret oneday. (Tolong pertimbangan kembali  sehingga kamu tidak menyesalinya suatu hari nanti.)
Karena masing-masing klausa tersebut dapat berdiri sendiri, kadang-kadang coordinate conjunction tidak mampu menunjukkan hubungan yang cukup spesifik/logis, khususnya conjunction “and”.

Conjunctive Adverb

Conjunctive adverb atau adverbial conjunction merupakan kata yang berfungsi baik sebagai adverb maupun conjunction. Tanda baca semicolon (titik koma) dan koma biasa digunakan bersama conjunction ini. Conjunctive adverb antara lain: furthermore, however, otherwise, therefore, dan finally.

Contoh Compound Sentence dengan Conjunctive Adverb:

Both gold and green kiwifruits are widely cultivated in New Zealand; furthermore, they’re distributed to our country. (Baik kiwi gold maupun hijau dibudidaya secara luas di New Zealand. Tambahan pula, mereka didistribusikan ke negara kita.)
Natural resources of Indonesia spread from Sabang to marauke; however, they’re not utilized properly. (Sumber daya alam Indonesia tersebar dari Sabang sampai Marauke. Akan tetapi, mereka tidak digunakan dengan benar.)
Yulia drinks fresh milk and does exercise regularly; therefore, her bones is dense and strong. (Yulia minum susu segar dan berolahraga teratur. Oleh karena itu, tulangnya padat dan kuat.)
Semicolon (Titik Koma)

Adapun semicolon sendiri dapat digunakan untuk menghubungkan dua independent clause yang sangat berhubungan menjadi satu kalimat.

Contoh Compound Sentence dengan Semicolon:

It’s mine; it’s not yours. (Itu milikku. Itu bukan milikmu.)
Diana looked panic; she’s afraid she run out of words to say to interviewers. (Diana tampak panik. Dia takut kehabisan kata-kata untuk disampaikan kepada pewawancara.)


Semoga tulisan compound sentence ini bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan. Feel free to comment! :)

0 komentar :

Posting Komentar

Popular Posts